Mengenai Saya

Foto saya
Saya Skol d SMKN 1 Martapura ! Jurusan TKJ ( Teknik Komputer Jaringan ) Kalo ada Komputer yg Rusak, Silahkan SMS aq d No. 085751753210 ! Hahaha . . . .

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tips Belajar Secara Cerdas



v  Usahakan badanmu dalam kondisi atau d kondisikan Se-fresh mungkin sebelum belajar . Kondisi badan yang fresh membuat fikiran kita juga fresh . Mandi merupakan salah satu cara agar badan menjadi fresh .
v  Mulailah belajar dengan berdo’a kepada Tuhan agar kamu dimudahkan dalam belajar .
v  Carilah suasana yang paling nyaman saat belajar . Kamu bisa belajar di taman, di tempat sunyi dan di kuburan juga boleh ( tetapi pada siang hari saja , Lhoooooo  !!! Hihihihihi . . . . ) . Jika kamu senang mendengarkan musik , cobalah memutar lagu kesayanganmu dengan suara pelan . Jika kamu belajar di kamar belajar , rapikan kamar belajarmu agar lebih mudah berKonsentrasi .
v  Buatlah cacatan ringkas ( rangkuman ) , bisa berupa skema ,  atau diagram alir yang menjelaskan urutan materi secara jelas . Buatlah Ringkasan materi menggunakan versi kamu sendiri , jangan menggunakan versi orang lain .  Dengan demikian , kamu paham betul materi yang telah dipelajari . Dengan cara ini pula , otakmu terlatih untuk menganalisis sebuah masalah dan menemukan cara mengatasinya . Proses ini akan membuat materi pelajaran tersimpan lama diotak Karena yang diingat memory otak adalah hasil pemahaman otak , bukan tulisan-tulisan dibuku .
v  Hidari cara belajar SKS ( Sistem Kebut Semalam ) . Selain membuat badanmu loyo , gontai , meriang , dan pegel-pegel , cara ini jelas merugikan kesehatan . Ingat , kemampuan otak manusia terbatas . Otak tidak bisa dipaksa untuk bekerja terus-menerus dan sekaligus dalam waktu singkat . Why ??? karena Otak dirancang untuk bekerja secara efesien . Jika otak kita memahami hal yang baru , pemahaman lama akan dihapus dan diganti dengan pemahaman baru tersebut .
v  Otak perlu istirahat ,  jika sudah jenuh , beristirahatlah beberapa saat untuk mengendurkan otot termasuk mata . Setelah merasa fresh , lanjutkan belajar kamu .
v  Buatlah kesimpulan dari setiap materi yang telah selesai dipelajari .
v  Anggaplah belajar sebagai suatu kebutuhan hidupmu , seperti halnya kebutuhan makan , minum , tidur , DLL . Hal ini akan melatih otak untuk berpikir kritis dan mudah menerima hal-hal baru .
v  Akhirilah belajarmu dengan berdo’a agar materi yang telah dipelajari dapat bermanfaat bagi kehidupan kamu .
Selamat Mencoba

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar